Parameter QoS

           Banyak hal bisa terjadi pada paket ketika melakukan perjalanan dari asal ke tujuan, Quality of Service suatu network merujuk ke tingkat kecepatan dan keandalan penyampaian berbagai jenis beban data di dalam suatu komunikasi memiliki parameter-parameter yang mempengaruhi. Parameter-parameter QoS antara lain Bandwidth, Troughput, Delay, Jitter dan Packet Loss.


-Delay adalah waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dari suatu titik ke titik lain yang menjadi tujuan.  One Way Delay(OWD) adalah waktu yang dibutuhkan oleh satu paket dari tempat sumber ke tujuan.  Waktu dari sumber ke tujuan kembali lagi ke sumber disebut Round TrIP Time (RTT). Perhitungan untuk mencari nilai delay menggunakan persamaan berikut
Delay = (Time Request –Time Sukses)

-Packet Loss) didefinisikan sebagai kegagalan transmisi paket IP mencapai tujuannya. Kegagalan paket tersebut mencapai tujuan, dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu terjadinya overload trafik di dalam jaringan, tabrakan (congestion) dalam jaringan, error yang terjadi pada media fisik, kegagalan yang terjadi pada sisi penerima antara lain bisa disebabkan karena overflow yang terjadi pada buffer.

-Jitter merupakan variasi delay antar paket yang terjadi pada jaringanIP. Besarnya nilai jitter akan sangat dipengaruhi oleh variasi beban trafik dan besarnya tumbukan antar paket (collision) yang ada dalam jaringan IP. Semakin besar beban trafik di dalam jaringan akan menyebabkan semakin besar pula peluang terjadinya congestion dengan demikian nilai jitter-nya akan semakin besar. Semakin besar nilai jitter akan mengakibatkan nilai QoS akan semakin turun. Untuk mendapatkan nilai QoS jaringan yang baik, nilaijitter harus dijaga seminimum mungkin.

-Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan  dalam jangka waktu tertentu.  Bandwidth biasanya ditentukan dalam satuanBit Per Second (bps).

-Throughput, karena beban yang bervariasi dari pengguna lain yang menggunakan resource yang sama, bit-rate (throughput maksimum) yang dapat diberikan kepada aliran data tertentu mungkin terlalu rendah untuk layanan multimedia realtime jika semua aliran data mendapatkan prioritas penjadwalan yang sama. Throughput, adalah jumlah total kedatangan paket IP sukses yang diamati di tempat pengukuran pada destination selama interval waktu tertentu dibagi oleh durasi interval waktu tersebut (sama dengan, jumlah pengiriman paket IP sukses per service-second). Perhitungan dalam mencari nilai throughput menggunakan persamaan berikut

Sumber "alvinleopold"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Antena Grid

Pengertian RSSI Vs RSCP